Tuesday, August 20, 2013

Perlengkapan ASI: Blue Ice Pack


Ini dua buah blue ice pack yang saya punya sebagai salah satu perlengkapan ASI buat para ibu pekerja. Yang sebelah kiri: Freezer Block Medium ini saya letakkan sebagai alas di cooler bag (lihat bentuk cooler bag yang saya punya di sini). Sedangkan yang kanan: Ice Can Cooler, saya letakkan melintang di tengah. Sisi-sisi yang bergelombang itu untuk meletakkan botol-botol kaca untuk ASIP.

Ibu rumah tangga yang menyusui, saya sarankan juga memiliki blue ice pack ini. Misalnya nih ya, si ibu mengumpulkan ASIP di kulkas freezer, buat jaga-jaga kalau mati lampu, blue ice pack yang diletakkan di dalam freezer ini bisa menahan suhu tetap stabil selama beberapa jam. Lumayan kan, nah selama beberapa jam itu, buruan deh telpon PLN (123), laporin kalau sedang mati lampu, suruh nyalain segera.

Blue ice pack merk Igloo ini saya beli di Ace Hardware, harganya kurang lebih IDR 20.000 s/d IDR 30.000. Kata beberapa orang untuk yang merk Rubbermaid di Depo Bangunan harganya jauh lebih murah daripada beli di Ace Hardware.

Bagaimana cara kerjanya? Di dalam blue ice pack terdapat cairan Ultratherm gel berwarna biru, yang tidak perlu dibuang dan diisi ulang. Cairan gel itu dapat digunakan berkali-kali, cukup masukkan ke dalam freezer semalaman, besok pagi sudah bisa digunakan. Di kantor selama lebih dari 10 jam, blue ice pack ini mampu menahan suhu dingin untuk ASIP, bahkan kadang pulang kantor kedua blue ice masih pada beku. Begitu sampai rumah, masukkan lagi blue ice ke freezer, untuk dipakai besok lagi.

Untuk membersihkan body luarnya cukup dicuci saja dengan sabun dan air. Katup penutup gel jangan dibuka-buka ya, biar kerapatannya nggak berkurang, dan gel di dalamnya nggak tumpah kemana-mana.

SEMANGAT ASI...!!!

No comments:

Post a Comment