Tuesday, February 23, 2016

Persiapan Menyambut Anak Kedua

Sebelumnya gue udah cerita tentang prefold Bumwear & clodi-clodi sebagai persiapan menyambut anak kedua. Posting kali ini masih bertema sama: Persiapan Menyambut si Calon Adik.

Beberapa item yang sudah gue kumpulkan:
  • Botol-botol kaca ASIP merk BKA.
  • Spare part pompa ASI: Duck Bill Valve dari Avent.
  • Buku-buku.

Botol-Botol Kaca ASIP Merk BKA
Dulu, tiga tahun lalu (sudah lama ya ternyata haha..), gue pernah membahas macam-macam penyimpanan ASIP, ada botol kaca & plastik ASIP sekali pakai.
Waktu itu, ASIP Sabrina disimpan menggunakan botol baby lubby beli di RS. St. Carolus. Tapi, tutup seng-nya itu cepat karatan. Dan, keberadaan botol-botol itu entah dimana.

Walhasil, untuk anak kedua ini, gue beli lagi botol-botol baru. Sekarang pilihan botol itu beragam. Banyak banget! Kapan-kapan akan gue review khusus botol ASIP ya, seru juga kayaknya.

Pilihan untuk adiknya Sabrina nanti jatuh pada botol kaca merk BKA. Tutupnya dari karet yang food grade, di botolnya juga tercetak ukuran ml dan oz, dengan huruf timbul. Sejauh ini sudah terkumpul 17 botol (kira-kira masih butuh 30-an botol lagi)


Spare part pompa ASI: Duck Bill Valve dari Avent
Alat pumping Avent dari Philips pernah gue bahas di sini. Keseluruhan alat pumping mulai dari botol, pijakan, tuas, dan spare part kecil lainnya masih OK, masih layak digunakan untuk baby kedua. Tapi, pengalaman waktu anak pertama, spare part yang paling kecil & berbentuk cocor bebek itu mudah sobek. Jadi, gue beli sekaligus empat pcs buat cadangan. Sudah kebayang malesnya kalo musti ke Philips Center di Daan Mogot.

Gue beli spare part ini di Tokopedia. Lagi iseng aja cari dengan keyword: Avent Valve. Eeeh... nemu lumayan murah. Untuk 4 buah itu harganya Rp.255.000 plus ongkir Rp.9.000. Jadi satunya Rp.66.000.

Waktu beli di Philips Center Daan Mogot, harganya Rp.75.000 per pc. Belum termasuk ongkos pulang perginya, belum lagi ongkos nge-mall, makan siang di Citraland, lalu tiba-tiba belanja kaus kaki bayi yang lucu & super penting di Mothercare (haduh pengalaman-pengalaman). 


Buku-Buku
Gue beli beberapa buku bertema "emak-emak" di Teman Buku dot com:
  • Pro Kontra Imunisasi: Membahas secara mendalam tentang betapa pentingnya imunisasi. Sebab tahun 2011 -2013 sempat heboh pro-kontra ini, akibatnya banyak orangtua yang tidak meng-imunisasi-kan anak-anaknya. Nah, buku ini gue beli, untuk edukasi diri. Jadi kalau tiba-tiba berhembus kembali kabar tak sedap tentang "kejahatan" imunisasi, bisa sedikit gue sanggahlah.
  • Buku Pintar ASI & Menyusui: Yah, apalagi kalo isinya bukan seputar permasalahan ASI. Mengingat anak pertama nggak sukses-sukses amat proses per-ASI-annya. Pengin ikut seminar, nggak ada waktunya, dan biayanya juga mihil. Jadi, ya sudahlah baca bukunya Ibu Berliana Monika dulu. Beliau ini salah satu konselor Menyusui & Pimpinan La Leche League. Gue suka banget baca postingannya mengenai ASI di forum Urban Mama.
  • Rahasia Ayah Edy Memetakan Potensi Unggul Anak: Siapa penulisnya? Tentu saja Ayah Edy, seorang pakar parenting. Gue pernah beli bukunya yang berjudul Ayah Edy Menjawab, jadi ketagihan pengen baca buku yang ini juga. Kayaknya kok penting banget dibaca para orangtua yang nggak mau anaknya salah memilih cita-cita. Gue baru baca setengahnya, dan isinya bagus juga menurut gue. Ada beberapa metode yang disebutkan di buku ini, yang perlu dicoba para Abah dan Mama.

Botol kaca ASIP BKA, spare part Duck Bill Valve AVENT & Buku-Buku
























No comments:

Post a Comment