Friday, March 16, 2018

Foundation Maybelline Fit Me Matte + Poreless, Wajib Dicampur Biar Nggak Oksidasi!

Yup judulnya panjang. Karena saya sudah mencobanya. Dan sangat kecewa gegara wajah terlihat lebih cokelat. Biasanya kan creamy latte with ice, mendadak berubah hot double espresso without cream T_T

Anyway, saya beli foundation Maybelline Fit Me Matte + Poreless di counter-nya langsung. Seharga Rp.149.000,- plus diskon 20% karena beli 3 produk Maybelline saat itu.

Saya coba tiga shades berbeda. Saya oles dan buat garis lurus di pipi. Mengingat nasehat yang sama dari banyak beauty influencer, baik lokal maupun internasional, belilah foundation yang sama dengan warna kulit. Walhasil saya memilih shade 330 (Toffee Caramel).

Warnanya pas sama kulit saya. Mungkinkah shade itu dibuat khusus untuk saya? O.o

Sampai rumah, hati sudah berbunga-bunga, karena akhirnya sudah menemukan my holy grail. Tapi begitu perdana dipakai untuk kondangan, bayangkan, ke kondangan sepupu, wajah saya teroksidasi parah dan menjadi lebih gelap, lebih kusam, lebih ... yah begitu deh.

Well, harus ada solusi untuk sebotol foundation ini. Nggak mungkin kan saya buang. Mubazir.

OK, pertama saya googling review para blogger lain mengenai foundie ini. Dan beberapa di antaranya mengalami problem serupa: oksidasi tingkat tinggi. Jadi permasalahan utama bukan di kulit saya saja, tapi ada kekurangan di formula foundie. Padahal sudah ringan banget di wajah saya, seperti diciprati air segar pegunungan saja.

Solusi Kedua, saya pakai face primer.

Solusi ketiga, saya campurkan foundie ini dengan BB Cream dari Maybelline juga yang shade 02 Natural. BB Cream ini keputihan di wajah saya, dan dewy banget. 

Foundation Maybelline Fit Me Matte + Poreless, Wajib Dicampur Biar Nggak Oksidasi!
Salah beli juga waktu itu. Namun begitu dicampurkan, alhamdulillah formula-nya jadi menyatu. Sepertinya memang sudah ditakdirkan saya salah beli BB Cream.


Foundation dimix dengan BB Cream

Di tangan sih masih belum sesuai shades saya, tapi begitu ditepuk-tepuk ke kulit muka, jadi alami. Natural. Flawless. Mengikuti tone kulit. Dan pastinya tidak oksidasi sama sekali.

Sekarang, tiap hari ngantor, saya pakai campuran dua formula ini. jangankan jam makan siang, sampai saya pulang aja, masih OK banget di wajah saya. Padahal sudah dibasahi air, tergenang minyak, debu apalah segala. Tetep flawless & smooth.

Ahh... i heart you, my new complexion.

Kelebihannya:
  • Formulanya ringan, karena mengandung air.
  • Hasil matte.
  • Harga lumayan murah.
  • Warnanya cocok sekali dengan saya.
  • Tahan lama.
  • Tersedia cukup banyak Shades. Di negara asalnya ada 40 shades. Tapi masuk ke Indonesia hanya 16 shades. Mungkin mengikuti kulit orang Indonesia pada umumnya, yang rata-rata undertone-nya yellow/olive (warm) & neutral.
Kekurangannya:
  • Oksidasi. Tapi, saya sudah menemukan solusinya. Jadi kekurangan yang ini di-skip saja.
  • Transfer ke kerudung dan mukena. Tapi tidak ke oil paper.
  • Tutup botol masih tradisional. Maksudnya belum ada pump-nya. Jadi sering kebanyakan. >>> eitss... untuk yang ini saya akali dengan menuang beberapa mili ke pot bekas cream Erha Clinic. Kalo sudah habis, saya tuang lagi ke pot kecil itu. Jadi saya nggak ambil langsung dari botolnya.
Tuang beberapa mili foundie ke pot bekas cream Erha Clinic

Apakah saya akan membeli lagi? Kemungkinan besar.
Tapi, sebelumnya saya mau coba produk dari Milani, LA Girl, NYX dan The Ordinary. Kalo nggak ada yang cocok, pasti saya balik lagi ke racikan foundie+bb cream ini.


Foundation Maybelline Fit Me Matte + Poreless, Wajib Dicampur Biar Nggak Oksidasi!

No comments:

Post a Comment